Selasa, 27 Desember 2011

Wasiat Rasulullah saw kepada Imam Ali as

Wahai Ali, aku wasiatkan kepadamu tentang sejumlah keluhuran moral (khisal) yang harus kau pelihara dalam dirimu (sebagai amanat) dariku. Lalu ia berdo'a, 'Ya Allah, tolonglah dia.'
  1. Adapun perkara pertama, berkatalah jujur dan jangan mulutmu sampai berkata dusta.
  2. Kedua, bersikaplah wara' (kesalehan) dan jangan sekali-kali kau berani berbuat khianat.
  3. Ketiga, takutlah kepada Allah, Mahatinggi NamaNya sehingga seakan-akan kau melihatNya.
  4. Keempat, perbanyaklah menangis karena takut kepada Allah, maka untuk setiap tetesnya akan dibangunkan buatmu seribu istana di surga.
  5. Kelima, baktikanlah harta dan darahmu tanpa (mengorbankan) agamamu.
  6. Keenam, ikutilah sunahku dalam shalat, puasa, dan sedekah. Shalat yang aku sunahkan terdiri atas lima puluh rakaat (setiap hari); puasa yang aku sunahkan terdiri atas tiga hari dalam satu bulan (pada hari Kamis diawal bulan, pada hari Rabu di tengahnya, dan pada hari Kamis diakhirnya); dan sedekah yang disunahkan adalah upayamu (untuk memberi) sehingga kau berkata pada dirimu, 'Aku telah berlebihan dalam memberi,' padahal kau belu berlebihan.
  7. Lakukanlah shalat malam! Lakukanlah shalat malam! Lakukanlah shalat malam! Jagalah shalat zawal! Jagalah shalat zawal! Jagalah shalat zawal! Biasakanlah untuk selalu membaca Al-Quran. Angkat dan balikkan tanganmu dalam shalat. Gunakan siwak setiap kali kau hendak melakukan wudhu.
  8. Perhatikanlah segenap keutamaan moral dan praktikkan seluruhnya; perhatikan kerendahan moral dan jauhilah semuanya. Jika kau tidak melakukan semua itu, maka jangan salahkan orang lain kecuali dirimu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar