Selasa, 10 Januari 2012

Ukhuwah dan Keniscayaan Hidup

Ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah.
— K.H. Hasyim Asy'ari

Pertama, ukhuwah islamiyah, yaitu persaudaraan antar pemeluk agama Islam. Ukhuwah islamiyah adalah upaya menumbuhkembangkan persaudaraan dengan berlandaskan kepada kesamaan akidah atau agama. Karena itu bentuk  persaudaraan ini tidak dibantasi oleh wilayah, kebangsaan atau ras. Seluruh umat Islam di seluruh dunia adalah saudara. Tata hubungan dalam ukhuwah seluruh dunia adalah saudara. Tata hubungan dalam ukhuwah islamiyah menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat puncak dari ukhuwah islamiyah adalah tumbuhnya persaudaraan hakiki yang stabil dan sepanjang masa.

Kedua, ukhuwah wathaniyah, yaitu persaudaaan antar sesama bangsa. Pada diri manusia perlu ditumbuhkan persaudaraan yang berdasarkan atas kesadaran berbangsa dan bernegara. Seluruh bangsa Indonesia adalah saudara se-tanah air. Tata hubungan ukhuwah wathaniyah menyangkut hal-hal yang bersifat sosial budaya. Ukhuwah wathaniyah merupakan spirit bagi kesejahteraan kehidupan bersama serta instrument penting bagi proses kesadaran sebuah bangsa dalam mewujudkan kesamaan derajat dan tanggung jawab.

Ketiga, ukhuwah insaniyah, yaitu persaudaraan sesama umat manusia. Manusia mempunyai motivasi dalam menciptakan iklim persaudaraan hakiki yang tumbuh dan berkembang atas dasar rasa kemanusiaan yang bersifat universal. Seluruh manusia di dunia adalah saudara. Tata hubungan dalam ukhuwah insaniyah menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan martabat kemanusiaan untuk mencapai kehidupan yang sejahtera, adil, dan damai. Ukhuwah insaniyah bersifat solidaritas kemanusiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar